Profile
Join date: Jun 21, 2021
About

Apa yang Diharapkan di Liveaboard Raja Ampat

Liveaboards di Raja Ampat adalah cara sempurna untuk menjelajahi area menyelam yang menakjubkan ini. Memungkinkan penyelam untuk mengunjungi daerah terpencil dan masih alami di Indonesia. Identik dengan pulau-pulau yang menakjubkan, air yang jernih dan pantai pasir putih yang indah Raja Ampat adalah salah satu daerah terindah di Indonesia di sewa mobil malang


Kepulauan ini terdiri dari lebih dari 1.500 pulau yang tersebar di sebagian besar segitiga karang yang dekat dengan New Guinea, sempurna untuk dijelajahi oleh penyelam dengan liveaboard. Posisinya yang menguntungkan antara Samudra Hindia dan Pasifik berarti bahwa ia dipandang sebagai salah satu daerah terkaya kehidupan laut di dunia.


Selain banyak pulau kecil, ada empat pulau utama yang dikunjungi liveaboards Raja Ampat: Salawati, Batanta, Waigeo dan Misool. Pulau-pulau ini memunculkan nama nusantara, 'Empat Raja'. Legenda lokal menceritakan kisah bagaimana empat raja muncul dari telur yang ditemukan oleh seorang wanita setelah mereka menetas mereka masing-masing menjadi penguasa salah satu pulau utama.


Daerah itu kemudian ditaklukkan oleh orang Eropa dan dikuasai Belanda untuk sementara waktu. Di zaman modern industri utama adalah pariwisata, penduduknya adalah orang Indonesia dan sebagian besar bekerja baik di industri pariwisata atau perikanan.


Daerah tersebut baru-baru ini memperkenalkan biaya taman laut untuk pengunjung liveaboard untuk membantu upaya melestarikan kehidupan laut di Raja Ampat. Biaya ini membantu mendukung patroli dan proyek untuk melestarikan terumbu karang. Meskipun industri pariwisata berkembang pesat di Raja Ampat, daerah tersebut berhasil mempertahankan nuansanya yang tak tersentuh terutama di atas kapal yang berlabuh di pulau-pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni.


Bawah laut Raja Ampat


Keanekaragaman hayati Raja Ampat tidak ada duanya, scuba diving di sini pasti akan menyenangkan semua penyelam. Itu dinyatakan sebagai tempat yang paling beragam keanekaragaman hayatinya di dunia pada tahun 2002. Area taman laut adalah rumah bagi lebih dari seribu spesies ikan yang berbeda dan lebih dari lima ratus karang yang berbeda.


Sebagian besar penyelaman di Raja Ampat berada di terumbu karang di antara pulau-pulau kecil yang tersebar, jadi kapal pesiar menyelam cocok untuk mengunjungi daerah ini dengan sempurna. Terumbu karang ini sangat indah dengan berbagai warna dan ikan unik dari segala bentuk dan ukuran. Jarak pandang bisa sedikit bervariasi tetapi biasanya sekitar 25-30 meter adalah norma.


Ada banyak hiu yang dapat dilihat di Raja Ampat mulai dari hiu karang berujung putih dan hitam hingga hiu paus dan bahkan beberapa yang lebih langka seperti hiu wobbegong. Hiu Wobbegong adalah hiu penghuni bawah yang mempesona, pipih dengan ekor panjang dan apa yang tampak seperti janggut di mulutnya, mereka benar-benar impian seorang fotografer.


Manta juga sering berkunjung ke Raja Ampat dan mereka dapat dilihat dalam kelompok yang cukup besar melewati terumbu karang. Kura-kura sering terlihat merumput di terumbu karang dan di beberapa daerah, kawanan lumba-lumba juga bisa mampir untuk menyenangkan para penyelam.


Ada berbagai macam liveaboard Raja Amat yang sesuai dengan semua anggaran. Dari tur liveaboard 5 hari hingga kapal liveaboard mewah yang menawarkan perjalanan menyelam selama 2 minggu.

indolora
More actions